Pertanyaan Seputar Noni

Jus Noni ANAMed
Sehat Alami menjadi keinginan semua manusia. Noni ANAMed merupakan herbal alami untuk kesehatan manusia yang telah terbukti ribuan tahun lalu (6.000 tahun) dipakai oleh nenek moyang kita. Berikut adalah beberapa pertanyaan tentang Noni yang perlu Anda ketahui.
 

 

Apakah jus noni aman dikonsumsi?

Ya, Jus noni telah dikonsumsi oleh ratusan ribu orang di seluruh dunia selama ribuan tahun. Segala lapisan usia, termasuk wanita hamil dan menyusui, dan telah terbukti memberikan manfaat positif bagi kesehatan.

Apakah baik bagi saya minum jus noni berbarengan dengan minum obat lain?

Sebaiknya konsumsi jus noni tidak bersamaan dengan obat-obatan farmasi, sebab dikhawatirkan akan saling menetralkan, sehingga masing-masing tidak memberikan khasiat pengobatan. Beri selang waktu 30 menit s/d 2 jam.

Dosis ideal untuk mengkonsumsi noni?

Setiap orang sebagai individu mempunyai kebutuhan fisik yang berbeda, karena metabolisme dalam tubuh tiap orang berbeda. Usia, tingkat kesehatan, aktivitas, pola hidup, pola makan dan kondisi stres mempengaruhi sistem metabolisme dalam tubuh tiap orang. Meskipun demikian, secara umum bagi orang yang sehat, konsumsi jus noni cukup 30 ml dua kali sehari, sedangkan bagi yang sedang kurang sehat atau menderita suatu penyakit, dapat diketahui kebutuhan noni setelah mencobanya dalam satu bulan pertama.

Bolehkah mengonsumsi jus noni secara berlebihan?

Noni berfungsi sebagai penghilang racun-racun dalam tubuh, dan proses detoksifikasi ini sebaiknya berlangsung secara bertahap, dan perlahan. Mengonsumsi jus noni sebaiknya dilakukan secukupnya dan tidak berlebih. Sebaiknya konsumsi jus noni juga dilakukan secara teratur dan kontinyu. Jus noni memiliki kandungan yang spesial dibandingkan dengan jus buah lainnya, sehingga cukup 30 ml sekali minum. Seorang Jepang penderita kanker kerongkongan stadium tiga, mendapatkan solusi dari sakitnya dengan mengonsumsi jus noni sebanyak 200 ml sehari selama 1 tahun. Namun konsumsi 200 ml tidak ia lakukan sekali teguk, melainkan 6-7 kali, masing-masing 30 ml.

Efek samping dari jus noni?

Berbeda dengan obat farmasi dipasaran yang memiliki efek samping, jus noni tidak memiliki efek samping. Jus noni termasuk minuman jus buah alami yang sudah dikonsumsi sebagai obat tradisional selama ribuan tahun, jadi tidak ada efek samping. Namun bagi penderita penderita gagal ginjal, sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu.

Berapa lama manfaat pengobatan dari noni?

Beberapa orang merasakannya secara cepat, ada juga yang berproses lama. Semua tergantung dari berat dan ringannya penyakit yang diderita. Penderita migrain mungkin hanya memerlukan waktu sebentar saja. Berbeda dengan penderita kanker yang baru bisa merasakan efeknya dalam waktu lama. Namun secara umum, dalam jangka waktu 3 bulan, pengonsumsi sudah bisa merasakan perbaikan positif di tubuhnya.

Senyawa bioaktif yang terkandung pada noni tidak rusak selama pengolahan?

Pengolahan dengan panas yang tinggi dan dalam waktu yang lama, akan merusak kandungan bioaktif penting dalam noni, sehingga harus dihindarkan. Buah noni yang diolah dengan proses panas tinggi seperti saat pengeringan akan merusak senyawa antioksidan dan enzimnya.

Pengaruh kepekatan jus noni dalam pengobatan?

Jus noni yang baik diperoleh dari ekstrak sari buah noni tanpa penambahan air. Itulah sebabnya harga jus noni di pasaran sangat bervariasi.

Perlukah anak-anak mengonsumsi jus noni?

Anak sehat sampai usia 5 tahun tidak perlu mengonsumsi jus noni, karena sistem kekebalannya masih baik. Sistem kekebalan manusia berkurang seiring dengan penambahan usia. Namun untuk anak-anak di atas 5 tahun boleh saja diberi jus noni dengan dosis satu sendok teh sehari.

Apakah jus noni hanya diminum? Bagaimana kalau untuk obat luar?

Memborehkan atau mengoleskan jus noni ke kulit terutama wajah yang berjerawat atau panu, bisa sangat efektif untuk kembali memuluskan kulit. Bagian tubuh yang meras pegal juga bisa dikompres dengan jus noni, jadi mengonsumsi dibarengi dengan pengobatan luar juga sangat efektif. Selain itu, jus noni juga bisa menghilangkan bau nafas yang tidak sedap, infeksi gusi, sariawan, sakit gigi, dan radang tenggorokan dengan cara berkumur.

Beda suplemen seperti vitamin dan mineral dengan jus noni dan kaplet noni?

Suplemen dibutuhkan oleh orang yang pola makannya salah, kurang mengonsumsi buah dan sayur, atau kurang nafsu makan, menderita sakit dalam waktu lama maupun sembuh pasca sakit. Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada buah dalam suplemen adalah sintetis, jadi melibatkan proses kimia. Penyerapan tubuhpun berbeda dengan mengonsumsi sayur atau buah alami. Jus noni adalah buah, maka kandungan vitamin dan mineralnya alami dan mudah diserap tubuh. Tapi faktor pengolahan jus buah alami yang tepat adalah tidak merusak enzim, vitamin dan mineral pada buah yang diolah, seperti jus noni. Oleh karena itu harga suplemen buah alami, sayur maupun rempah tidak murah, sebagai konsekuensi dari proses pengolahan yang melibatkan tekhnologi Freeze Drying.

Bagaimana noni bisa menjadi solusi masalah kesehatan?

Noni memiliki sifat meningkatkan kesehatan spesifik. Salah sati sifatnya adalah adaptogen atau membantu tubuh beradaptasi terhadap masalah yang melalui proses biokimiawi dalam tubuh. Riset membuktikan bahwa noni membantu melawan penyakit ditingkat seluler, membantu sel yang sakit kembali berfungsi normal, diantaranya dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki kerusakan (mutasi) DNA dan mencegah terjadinya mutasi DNA baik oleh radikal bebas maupun senyawa kimia yang mutagen dan karsinogen.

Bagaimana dengan kemurnian jus noni?

Beberapa produsen jus noni rumahan atau industri kecil, sering melalaikan teknologi pengolahan yang jauh dari benar dan tepat. Karenanya mutu jus yang dihasilkan dipasaran sangatlah bervariasi. Industri kecil dengan investasi untuk peralatan proses yang sederhana dikhawatirkan menggunakan pengepresan yang tidak stainless steel, sehingga kemungkinan logam terlarut dalam jus noni bisa terjadi, mengingat buah noni di jaman nenek moyang kita juga digunakan untuk mencuci keris.

APA MANFAAT NONI?

Di Indonesia, sejak beberapa ribu tahun yang lalu, Noni dipakai sebagai tumbuhan untuk obat. Tumbuhan ini disebarluaskan oleh masyarakat pelaut serta para pedagang ke daerah tropis lainnya. Melalui pengalaman klinis selama bertahun-tahun dapat dikatakan bahwa tumbuhan ini sangat bermanfaat dan tidak memiliki efek samping terhadap tubuh, jika dikonsumsi. Noni bermanfaat terhadap penyakit-penyakit sebagai berikut ini :

Tekanan darah tinggi Penyakit kencing manis Penyakit liver Batuk Sembelit Gejala infeksi pencernaan Sulit buang air besar Penyakit kulit Kelelahan Beri-beri Perawatan rambut dan lain-lain